Mengatasi Rambut Rontok Berketombe Parah Secara Alami Kering Bercabang pada Pria dan Wanita

Cara mudah mengatasi rambut berketombe secara alami pada pria dan wanita yang di kutip dari beberapa sumber
Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, khususnya untuk wanita. Rambut dianggap juga sebagai hal yang sangat penting, disamping dapat mempercantik seorang wanita, rambut juga dapat dijadikan ajang untuk bergaya bagi seseorang. Seperti halnya menggunakan facebook, jika tidak ada teman rasanya tidak ada gunanya menggunakannya.

Tapi semua itu akan sia-sia jika anda mengalami rambut rontok. Dan jika sudah parah anda dapat mengalami kebotakkan. Pasti anda tidak mau mengalami itu bukan?
Nah berikut akan saya paparkan beberapa tips mengatasi rambut rontok dengan berbagai macam bahan yang dapat dengan mudah anda temukan. Apa sajakah itu? Yuk mari disimak.

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang pertama

9 Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Anda Secara Alami
Ilustrasi cara mengatasi rambut rontok

9 Tips Mengatasi Rambut Rontok

1. Bawang Putih 

Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Besok paginya tinggal dibilas dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya. (untuk shampoonya disesuaikan dengan keinginan anda)

selain untuk rambut rontok, bawang putih ternyata juga bisa untuk mengobati sakit gigi. silahkan di baca selengkapnya di sini "Obat sakit gigi paling ampuh dengan bawang putih".

2. Jahe

Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas)

3. Teh Hijau

Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Seperti yang kita ketahui ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar, dengan daging tebal. Belah potongan lidah buaya tadi menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum Anda mencucinya hingga bersih.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah terkenal dari zaman dahulu, biasanya juga dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot. Resep ini sudah dipakai dari orang tua kita zaman dahulu dan hasilnya terpercaya sampai sekarang. Dan sekarang minyaknya sudah ada yang dikemas dalam botol, tinggal dipakai saja. (tapi ingat, harus yang original jangan yang abal-abal)

7. Alpukat

Alpukat ini terkenal akan protein dan protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah.

Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai kental. Kemudian usapkan pada rambut mulai ujung sampai akar rambut, Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas

8. Yoghurt

Yoghurt ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut yang rontok. Cukup oleskan saja pada rambut seperti creambat kemudian didiamkan selama beberapa menit, kemudian di bilas lagi dengan air. Yogurt juga ternyata bagus untuk dijadikan masker wajah.

9. Hair Tonic

Jika anda mempunyai uang lebih mungkin anda bisa membeli hair tonic. Sekarang hair tonic sudah disediakan dalam berbagai merk. Tinggal anda pilih mana hair tonic yang paling bagus untuk mengatasi rambut rontok anda.


Mengatasi Rambut Rontok yang kedua

Bukan hanya tubuh saja yang memerlukan makanan. Namun rambut juga memerlukan makanan. Hal ini berbeda cara mengonsumsi dan juga berbeda jenisnya. Makanan yang biasanya dipercaya bisa mengatasi dan menyehatkan rambut diantaranya adalah ikan salmon, sayuran yang daunnya hijau tua, kacang-kacangan, telur, kerang, produk dari susu yang rendah lemak, dan juga wortel. Makanan-makanan ini banyak mengandung zinc, biotin, vitamin A, B, dan C bisa menjaga kesehatan rambut yang pastinya bisa menunjang kecantikan dari mahkota setiap wanita. Karena masalah rambut rontok merupakan salah satu penyebab dari terjadinya masalah kebotakan. Untuk mengatasi rambut rontok bisa dilakukan dnegan cara menghindari makanan asupan dari vitamin A yang berlebihan, menghindari bleach rambut dan memberikan minyak pada kulit kepala, dan juga menggunakan conditioner yang protein.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara jangan tidur dengan membiarkan rambut dalam keadaan terikat atau juga dengan bando yang masih menempel karena hal ini bisa menjadi pemicu penyebab terjadinya masalah kerontokan rambut.

Cara mengatasi  rambut rontok dengan mencukupi kebutuhan xinc dan juga zat besi. Zinc ini bisa dikonsmsi setiap  hari, dan begitu juga dengan zat besi. Namun, jika dari kedua makanan ini dirasa masih kurang, maka Anda bisa melakukan perangsangan dari pertumbuhan rambut dengan minyak esensial.

Mengatasi rambut rontok yang lainnya adalah dengan siapkan sebuah tempat kecil untuk mencamapurkan 3 tetes minyak rosemary, dan 2 tetes minyak thyme, 3 tetes lavender, serta 2 tetes cedarwood, setengah sendok teh minyak esensial jjoba, dan juga 4 sendok teh minyak grapeseed. Jika semuanya sudah dicampurkan maka gunakanlah untuk diolesi kulit kepala dan kemudian dipijatkan selama kuranglebih 2 menit. Lalu bungkuslah kepala dengan menggunakan handuk yang panas dan diamkanlah selama kurang lebih satu jam. Setelah itu cucilaah dan bilaslah rambut dengan biasa.
Posted in Cara Atasi Rambut Rontok, Nutrisi Rambut Rontok

Mengatasi Rambut Rontok yang ketiga

Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah– Pola hidup yang tidak sehat selain dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Karena pola hidup yang tidak sehat dapat membuat rambut menjadi rusak, seperti rambut rontok. Sehingga banyak orang menggunakan berbagai produk perawatan rambut agar memiliki rambut yang sehat dan bagus.
Namun, banyak yang tidak cocok dengan menggunakan produk perawatan rambut, sehingga sering menganti ganti produk perawatan rambut, dan efek nya akan membuat rambut semakin rusak. Dan jika rambut semakin rusak dan rontok akan membuat rambut semakin tipis, dan kualitas rambut yang baru tumbuh juga tidak bagus.

Rambut rontok bukan hanya di sebabkan karena pola hidup yang yang tidak sehat atau pemakaian produk yang kurang bagus, karena lingkungan dan kebiasaan yang membuat rambut kesulitan untuk bernafas juga bisa  menjadi penyebab rambut rontok. Kebiasaan yang sering di lakukan dan dapat merusak rambut adalah menata rambut dengan menggunakan alat yang panas, atau menggosok rambut dengan handuk juga dapat membuat rambut menjadi rontok. Selain itu juga mengikat dan mengulung rambut yang menjadi kebiasaan untuk di lakukan ketika ingin menghindari panas, juga bisa menjadi penyebab rambut menjadi tidak bagus dan juga rontok
rambut-rontok

Mengatasi rambut rontok yang keempat

Untuk mengatasi masalah rambut, ada beberapa cara untuk di jadikan perawatan rambut. Sehingga akan menghindari rambut menjadi rusak dan juga ramput rapuh yang menjadi rambut rontok.
  • Jeruk nipis
Untuk mengatasi rambut rontok dengan mudah bisa menggunakan buah jeruk nipis. Buah jeruk nipis yang memiliki rasa asam ini bagus untuk mengatasi masalah rambut. Cukup dengan meyiapkan beberapa buah jeruk nipis, lalu di potong menjadi beberapa bagian, setelah di potong bisa menggosokan buah jeruk nipis ke kulit kepala secara menyeluruh. Lalu setelah itu diamkan beberapa saat agar kandungan jeruk nipis menyerap ke kulit kepala. Baru setelah mengering bisa di cuci hingga bersih. Jeruk nipis selain dapat mengatasi rambut rontok dengan mudah juga dapat mengatasi masalah rambut yang berketombe. Namun akan sedikt perih jika di gosokan ke kulit kepala.
  • Yogurt
Yogurt merupakan bahan olahan dari susu yang telah di fermentasikan, sehingga memiliki rasa sedikit asam. Dan yogurt juga bagus untuk di nikmati, karena yogurt dapat melancarkan pencernaan, sehingga tidak mengalami masalah susah buah air besar. Tetapi yogurt tidak hanya baik untuk di konsumsi saja, namun juga bisa mengatasi rambut rontok dengan mudah. Dengan cara menggunakan yogurt sebagai masker rambut yang di oleskan ke seluruh rambut hingga kulit kepala secara menyeluruh, lalu diamkan selama beberapa menit hingga menyerap, dan jika sudah menyerap bisa membilas rambut hingga bersih. Akan lebih baik memilih yogurt dengan rasa yang original, dan tidak dengan campuran rasa apapun.
  • Hair tonic
Hair tonic juga bisa mengatasi rambut rontok dengan mudah. Sudah banyak di pasaran yang menjual hair tonic dengan harga yang tidak terlalu mahal. Namun, tetap harus mementingkan kualitas agar rambut tidak semakin rusak. Dengan rajin menggunakan hair tonic setelah mandi ke rambut secara merata, maka akan menguatkan akar rambut, sehingga rambut tidak mudah rapuh dan juga rontok.
  • Buah alpukat
Mengatasi rambut rontok dengan mudah bisa juga menggunakan buah alpukat. Buah alpukat yang biasa nya di makan, atau di jadikan masker wajah, kali ini dijadikan masker rambut. Dengan mengahaluskan buah alpukat, lalu di oleskan ke seluruh kepala, dapat mengatasi rambut rontok. Dengan pemakain yang rutin, maka semakin lama pertumbuhan rambut akan semakin bagus, dan rambut rontok akan berkurang dan juga hilang.
  • Minyak kemiri
Biasa nya minyak kemiri di gunakan untuk membuat rambut alis, atau kumis menjadi lebih hitam warna nya. namun, kali ini minyak kemiri di gunakan untuk perwatan rambut. Dengan menggunakan minyak kemiri untuk perawatan rambut maka bisa membuat rambut akan lebih sehat dan juga kuat. Namun, jika ingin membuat minyak kemiri sendiri di rumah, akan memerlukan banyak kemiri untuk mencukupi agar seluruh rambut dan juga kepala dapat merata di olesi minyak kemiri. Tetapi sekarang sudah banyak dipasaran yang menjual minyak kemiri, yang akan lebih mudah untuk langsung di gunakan.
  • Lidah buaya
Lidah buaya juga bisa di gunakan untuk mengatasi rambut rontok dengan mudah. Cukup dengan mengoleskan lidah buaya keseluruh rambut hingga kulit kepala, maka akan membuat pertumbuhan kulit kepala akan semakin bagus dan juga kuat. Namun, aroma dari lidah buaya akan sedikit tidak enak.
  • Teh hijau
Teh hajau tanpa gula bagus untuk di konsusmi karena antioksidan yang di miliki teh hijau sangat bagus untuk kesehatan. Dan teh hijau juga bisa mengatasi rambut rontok dengan mudah. Cukup dengan membuat teh hijau lalu di diamkan hingga dingin. dan air teh hijau yang telah dingin dapat di siramkan ke seluruh rambut dan juga kulit kepala. Dan diamkan hingga air teh meresap ke kulit hingga akart rambut. Dan jika pemakaian rutin, akan membuat rambut menjadi lebih sehat dan juga tidak mudah rontok.
Masalah rambut rontok merupakan suatu kondisi yang menyebalkan. Masalah rontok bukan hanya terjadi pada wanita saja namun juga pada pria. Rambut rontok lama kelamaan akan semakin tipis dan jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan masalah kebotakan permanen. Hal ini akan menyebabkan kurang percaya diri terutama bagi mereka yang usianya masih muda. Dan jika Anda mengalami masalah rambut rontok, maka hal yang dilakukan adalah cara 
mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat.
Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat
Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang kelima

Salah satu Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat yang bisa membantu adalah dengan menggunakan tanaman lidah buaya atau aloe vera yang sudah dikenal sejak lama bisa membantu untuk merawat kesehatan rambut. Semakin majunya teknologi pada pembuatan komestika membuat bahan alami sebagai komposisi utama dari pembuatan produk perawatan rambut. Namun jika Anda lebih senang menggunakan bahan alaminya langsung, maka Anda bisa melakukan cara dibawah ini untuk membantu Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat.

Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat dengan menggunakan lidah buaya dengan cara mengambil 1 batang lidah buaya setelah itu cucilah sampai bersih. Kemudian dipotong menjadi dua bagian dan sudah mendapatkan gelnya, maka oleskanlah gel tersebut pada akar rambut dengan merata dan berikan pijatan yang lembut supaya kandungan nutrisi dan vitamin yang ada didalam lidah buaya akan bisa diserap dengan lebih baik. kemudian bungkuslah rambut Anda dengan menggunakan handuk dan setelah itu diamkanlah selama kurang lebih 15 menit atau selama 30 menit sebelum kemudian dibilas menggunakan air bersih.

Selain itu, Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat yang lainnya adalah dengan melakukan pijatan. Karena salah satu penyebab dari rambut rontok adalah akibat sirkulasi udara yang kurang lancar. Oleh sebab itulah disaat Anda keramas, maka berikanlah minak wijen atua juga minyak almond dan berikanlah pijatan ringan di kulit kepala. Pemijatan kulit kepala ini akan membantu dalam melancarkan aliran darah dibagian kepala.

Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat yang lain dengan menggunakan seledri, jeruk nipis, bawang putih serta teh hijau. Cara yang dilakukan dengan menggunakan daun seledri adalah dengan mengambil beberapa daun seledri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Manfaatnya adalah membantu menyuburkan rambut secara alami. kandungan zat besi serta kalsium yang akan bekerja dalam membantu menyuburkan rambut dan bisa memberikan hasil rambut nampak lebih berkilau. Selain itu, manfaat lain dari seledri adalah membantu untuk merangsang akar rambut supaya lebih kuat dan juga melakukan cara mencegah rambut rontok. Cara menggunakan bahan alami yang cukup mudah, yakni adalah dengan menggunakan air seduhan teh hijau yang dioleskan pada semua bagian akar rambut, dan jangan dibilas langsung, didiamkan selama beberapa waktu kemudian dibilas hingga bersih.

Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat dengan jeruk nipis. Cara yang dilakukan juga cukup mudah, yakni adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian dan kemudian usapkanlah dibagian kulit kepala secara merata. Setelah itu tunggulah hingga beberapa menit dan kemudain dibersihkan. Manfaat dari jeruk nipis yang bisa membantu untuk mengatasi keluhan ketombe. Selain itu, penggunaannya yang bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk rambut hanya dengan cara mengoleskannya ke rambut dan juga pada kulit kepala secara alami dengan memanfaatkan buah alpukat dan juga minyak kemiri. Bahkan minyak kemiri juga dipercaya bisa membantu untuk melebatkan rambut secara alami.

Minyak kemiri adalah bahan lain yang bekerja dalam membantu Mengatasi rambut Rontok Secara Alami dan Cepat. Minyak kemiri merupakan minyak ang sudah terkenal dari zaman dahulu. Manfaatnya yang bekerja dalam membantu menumbuhkan rambut dan kumis atau juga jenggot. Selain itu, resep dari minyak kemiri yang digunakan untuk membantu menumbuhkan rambut juga sudah dikemas ke dalam botolan yang banyak dijual bebas. Jadi Anda bisa langsung pakai saja tanpa harus membuatnya dirumah. Namun pilihlah merk yang asli.

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sangat berkhasiat dalam membantu mengurangi dan juga membantu mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah cukup dengan menghaluskan bawang putih, dan kemudian dijadikan jus. Dan setelah itu oleskanlah pada bagian rambut yang mengalami kerontokan. Lakukanlah sebelum tidur. Setelah itu keesokan harinya bilaslah dengan air putih dan ditambahkan dengan menggunakan shampoo ang bisa membantu menumbuhkan rambut agar mendapatkan hasil ang lebih maksimal. Manfaat lain dari bawang putih selain untuk rambut rontok adalah bisa membantu mengatasi masalah sakit gigi.

Walaupun masalah rambut rontok adalah salah satu hal yang normal terjadi, tetapi masalah rambut rontok yang berlebihan harus mendapatkan perhatian yang lebih dalam. Dengan memanfaatkan bahan alami atau juga menggunakan produk perawatan yang bekerja dalam membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut yang semakin parah. Namun sebaiknya pilihlah produk perawatan rambut yang cocok dengan jenis rambut Anda agar menghindari munculnya efek samping pemakaian dari produk perawatan rambut yang tidak cocok.

Mengatasi rambut Rontok yang keenam


Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering – Jika seorang merasa dirinya cantik, maka hal itu akan menjadi penambah semangat dan percaya diri orang tersebut. Maka dari itu tidak heran jika kebanyakan wanit merelakan merogoh kantongnya lebih dalam untuk tambil lebih cantik, dan juga meraka akan melakukan banyak cara untuk merawat rambutnya termasuk cara mengatasi rambut rontok dan kering.

Rambut merupakan salah satu unsur pendukung wanita untuk tambpil cantik. Mempunyai rambut yang sehat dan berkilau adalah daya tarik tersendiri bagi kaum pria. Bahkan pada sekarang ini, banyak juga pria yang mengganggap bahwa rambut salah satu aset yang harus dirawat dan mendapatkan perawatan rambut yang khusus. Namun faktanya, merawat rambut tidaklah mudah, perawatan rambut harus dilihat terlebih dahulu jenis rambutnya.
Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering
Jika langkah perawatan yang anda ambil salah, justru mala bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. jenis rambut yang kering merupakan salah satu ciri-ciri rambut yang rusak, sehingga jika rambut kering dibiarkan begitu saja maka rambut kering akan semakin rusak dan bercabang, patah dan akan menyebabkan kerontokan. Kerontokan rambut dalam jumlah yang tidak normal maka dapat mengakibatkan kebotakan, tentunya itu hal yang sangat mengerikan bagi semua orang.

Selain ketombe, penyebab rambut rontok kedua adalah  rambut yang kering. Lalu bagaimana cara merawat rambut rontok dan kering dengan benar agar terhindar dari kebotakan rambut? sebelum kita membahas tentang cara merawat rambut rontok dan kering, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut kering dan ketombe.

Penyebab Rambut Rontok dan Kering

Penyebab-penyebab rambut rontok dan kering antara lain karena adanya perubahan hormon tubuh yang tidak normal, terlalu sering atau juga jarang mencuci rambut serta penggunaan produk-produk rambut yang salah. Selain dari itu rambut rontok dan kering juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti dibawah ini :
  1. Mengidap penyakit tertentu atau sedang dalam proses penyembuhan suatu penyakit tertentu.
  2. Rambut terlalu sering terkena panas matahari atau alat hairdryer
  3. Sering melakukan pewarnaan rambut, pengeriting atau juga alat pelurus rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Nah jika sudah tahu apa saja penyebab rambut menjadi rontok dan kering, langkah selanjutnya yaitu cara mengatasit rambut rontok dan kering. Berikut cara yang dapat anda lakukan dengan mudah. Adapun caranya sebagai berikut :

Vitamin Rambut

Cara merawat rambut rontok dan kering pertama yang harus anda lakukan adalah memberikan vitamin pada rambut anda, agar rambut lebih ternutrisi. Vitamin rambut juga sekarang sudah banyak dijual akan tetapi dengan pilihan yang berbeda-beda tergantung jenis rambutnya. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan mengusapkan vitamin secara merata ke seluruh helai rambut setelah keramas. Sebaiknya gunakan secukupnya, karena penggunaan vitamin yang berlebihan akan membuat rambut menjadi lepek.
Selain menggunakan vitamin rambut, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun hangat untuk menutrisi rambut anda. caranya panaskan minyak zaitun dengan microwave, kemudian usapkan minyak zaitun hangat tersebut pada rambut yang basah sebelum keramas dan diamkan selama 5 menit lalu bisa melakukan keramas seperti biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mengusapkan minyak zaitun hangat ini di kulit kepala dua kali dalam seminggu. Pengunaan vitamin rambut dan minyak zaitun hangat bermanfaat untuk melembabkan rambut dan menutrisi rambut anda yang kering.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering
Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Menghindari Hairdyer dan Produk Berbahan Kimia

Kebanyakan wanita setelah keramas, pasti akan mengeringkan rambut sebelum melakukan rutinitas perawatan rambut selanjutnya. Namun yang sering ditemukan adalah mereka akan menggunkan alat hairdryer untuk mengeringkan rambutnya. Dengan pengganaan alat tersebut terlalu sering justru akan membuat rambut menjadi rusak , panas yang dikeluarkan akan mengakibatkan rambut menjadi kering dan patah.
Lebih baik anda keringkan rambut dengan cara mengusap rambut dengan handuk secara perlahan.  Sebaiknya anda menghentikan penggunaan alat-alat styling seperti pelurus rambut, pengeriting dan produk pewarnaan rambut sementara waktu. Berikan waktu untuk rambut berisitirahat sejenak. Zat kimia yang terdapat di dalam produk tersebut akan menyebabkan nrambut stress dan akan berlanjut pada kerusakan yang justru akan semakin parah, apalagi jika tidak anda imbangi dengan perawatan rambut yang rutin.

Sisir Sikat Berujung Bulat

Sisir rambut dengan ujung sikat yang bulat berguna untuk memijat kulit kepala agar peredarah darah lebih lancar. Sikat sisir ini akan lebih baik dibandingkan dengan sisir platik, karena terksturnya lebih lebit sehingga tidak akan menyebabkan rambut rusak sehingga cara mengatasi rambut rontok dan kering akan lebih mudah.

Buah dan Sayur

Cara mengatasi rambut rontok dan kering selanjutnya dengan mengkonsumsi buah dan syuran. Vitamin untuk menutrisi rambut tidak hanya diberikan secara langsung pada batang rambut dan kulit kepala saja, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup juga akan memberikan pengaruh yang baik pada kesuburan dan kesehatan rambut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok yang ketujuh

Cara Mengatasi Rambut Rontok – Seperti yang sudah di ketahui oleh semua orang, bahwa rambut adalah mahkota bagi setiap orang, terlebih lagi bagi kaum wanita. selain itu, rambut juga di anggap oleh banyak wanita sebagai aset yang dapat menambah kecantikan seorang wanita. jadi tidak heran jika banyak wanita akan melakukan perawatan khusus rambut walaupun di haruskan mengeluarkan daya yang tidak sedikit.

Perawatan  yang biasa dilakukan oleh mereka akan sia-sia jika mengalami kerontokan rambut, dan jika kerontokan terjadi secara terus-menerus tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan kebotakan pada kepala anda. tentunya itu bukan hal yang diinginkan oleh siapapun, karena kebotakan tersebut hanya mengakibatkan penurunan  rasa percaya diri. nah sebagai cara mengatasi rambut rontok dapat mengatasi permasalahan rambut rontok anda.

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan tumbuh-tumbuhan yang sudah sejak jaman dulu di percaya dapat mengatasi rambut rontok dan juga merawat kesehatan rambut anda.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Lidah Buaya
Manfaat lidah buaya tidak hanya dapat digunakan untuk melembabkan kulit kering, namun gel lidah buaya ini dapat di manfaatkan untuk mengatasi kerontokan pada rambut secara tepat dan ampuh. Kandungan vitamin yang terkandung pada tumbuhan ini dapat mengembalikan tekstur sel-sel kulit kepala yang telah rusak dan akan meremajakan dan juga akan membentuk sel-sel jaringan rambut yang lebih kuat dan sehat.
Cara pemakaiannya juga sangat mudah yaitu hany dengan mengambil beberapa potongan lidah buaya dengan ukuran yang besar dan daging yang tebal. Setelah itu, belah menjadi dua bagian lidah buaya, dan ambilla gading lidah buaya kemudian usap-usapkan secara merata pada bagian kulit kepala dan seluruh bagian rambut sampai ke ujungnya. Lalu diamkan hingga meresap sekitar 15 sampai 20 menit, setelah itu cuci rambut hingga bersih.
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Minyak Kemiri
Minyak kemiri merupakan minyak yang sudah sejak lama dipercaya dan digunakan sebagai penumbuh kumis dan jenggot. Dan resep ini sudah di pakai secara turun menurun dan hasilnya sudah terpercaya hingga sekarang ini. Dan di jaman yang sudah semakin maju, minyak kemiri ini dapat anda temukan pada produk minyak kemiri yang di kemas dalam botol, dan anda hanya tinggal memakai minyak tersebut ke kulit kepala dan seluruh rambut hingga merata.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan buah yang identik dapat memutihkan kulit wajah dan sebagai obat sakit tenggorokan, namun ternyata air perasan dari jeruk nipis ini dapat di gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok secara alami. cara penggunaanya juga terbilang cukup mudah, anda tinggal mengiris jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu usapkan secara merata pada kulit kepala. Dan jika kebetulan anda juga memiliki ketombe, bahan alami ini juga dapat efektif menghilangkan ketombe pada rambut anda secara cepat. Kemudian diamkan selama 15 menit dan jika sudah cuci rambut dan keramas hingga bersih.

Teh Hijau
Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya yang dapat kita gunakan adalah teh hijau, teh hijau ini memiliki khasiat yang dapat mengurangi dan mengatasi rambut rontok dan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu hanya dengan menyeduh dua kantung teh hijau dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, balurkan secara merata seduhan teh hijau tersebut ke kulit kepala dan rambut, dan diamkan selama kurang lebih satu jam, dan bilas rambut hingga bersih.

Alpukat
Alpukat biasa di gunakan sebagai masker wajah alami yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering karena kandungan kaya protein yang sangat baik untuk  melembabkan kulit, namun ternyata kandungan protein tersebut juga sangat bermanfaat untuk proses pertumbuhan rambut, sehingga tidak heran jika alpukat juga di gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok yang diolah menjadi bahan utama creambath rambut ataupun perawatan wajah.

Cara pembuatannya dengan cara menghaluskan daging buah alpukat ke dalam mangkuk dan kemudian aduk secara merata sampai menjadi pasta yang kental. Kemudian usapkan secara merata mulai dari pangkal rambut sampai ke akarnya. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bersihkan rambut anda dengan menggunakan shampoo hingga bersih.

Bawang Putih
Bawang putih merupakan bumbu dapaur yang memiliki banyak manfaat dan salah satu manfaat bawang putih yang akan kita gunakan yaitu sebagai cara mengatasi rambut rontok  dan juga mengurangi. Caranya hanya dengan mengaluskan bawang putih dengan cara di blender seperti di jadikan jus. Lalu dioleskan pada bagian rambut secara merata sebelum tidur. Dan pada keesokan paginya bilas rambut anda dengan air ataupun dengan langsung di tambahkan dengan shampoo penumbuh rambut yang biasa anda gunakan, agar lebih hasilnya lebih efektif.

Masker Rambut Rontok

Mempunyai dan memiliki rambut yang indah, sehat menawan merupakan impian dan menjadi kebanggan tersendiri bagi siapa saja yang memilikiinya. Umumnya wanita sangat disiplin sekali dan rajin untuk melakukan perawatan untuk rambut minimal 1 bulan skalli dengan cara di hair spa, massage kepala, pemberian vitamin dan perawatan rambut lainnya. Sebenarnya dalam merawat rambut susah-susah gampang ditambah apabila memiliki rambut yang cenderung mudah rontok, melakukan perawatan alami lebih mudah dan tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Dengan menggunakan serangkaian bahan alami dapat merawat rambut dan mencegah kerontokan rambut yang berlebihan.

Cobalah dengan beberapa tips sederhana cara untuk mengatasi rambut rontok dengan membuat masker rambut rontok dari bahan alami yang sangat mudah dibuat dengan tangan sendiri.

Berikut ini cara unik dan sederhana untuk mengatasi rambut rontok, diantaranya adalah :

1. Mediterranean Hair Mask
– Sediakan 1 sendok teh olive oil. Kemudian oleskan olive oil secara merata keseluruh bagian rambut dan kulit kepala dengan gerakan memijat lembut selama 2-3 menit.
– Kemudian keramas seperti biasa hingga tak ada minyak yang tersisa dirambut maupun kulit kepala.
– Bungkus rambut yang baru dikeramas dengan handuk kering selama 30 menit, setelah itu keramas lagi.

2. Fruit Hair Mask
Membuat masker rambut yang dibuat dari beberapa jenis buah-buahan, seperti :
– Sediakan 1/2 buah pisang, 1/2 buah alpukat, sedikit potongan buah semangka atau melon.
– Kemudian haluskan seluruh bahan tersebut, kemudian tambahkan 1 sendok makan yogurt murni tanpa rasa.
– Oleskan campuran bahan tersebut keseluruh bagian rambut dan diamkan sampai 10 menit sebelum dibilas bersih.
– Setelah 10 menit berlalu kemudian rambut dibilas dengan bersih dengan menggunakan shampoo yang biasa digunakan.
Guna dari buah alpukat dan yogurt sebagai pelembab dan pelembut rambut yang alami, sedangkan semangka dan pisang untuk membuat tampilan rambut semakin berkilau dan tampak sehat alami. Macam buah-buahan diatas yang diolah sebagai masker dapat digunakan untuk menambah ketebalan rambut dan melindungi rambut dari bahaya kerusakan rambut karena didukung oleh kandungan yang baik bagi rambut yakni asam sitrat dan antioksidan yang sangat baik yang terkandung dalam setiap jenis buah tersebut.

3. Scalp Massage
– Siapakan 1 handuk kecil yang bersih, kemudian rendam dalam air hangat yang sudah diberi potongan mentimun dan lemon selama beberapa menit kira-kira 3-5 menit.
– Setelah itu peras handuk dan bungkus rambut yang masih dalam keadaan kering, biarkan sejenak hingga meresap ke dalam kulit kepala dari cairan yang masih tersisa dari perasan handuk tersebut.
– Kemudian bebaskan diri dan rileks dengan menarik dan melepaskan napas perlahan hingga 10 menit. Setelah itu angat handuk secara perlahan.
– Setelah itu olesi rambut dengan beberapa tetes tea tree oil dengan jojoba oil ditelapak tangan kemudian usapkan ke rambut sambil dilakukan pijatan kecil hingga beberapa menit yang dirasa cukup.
– Terakhir bilas lah rambut dengan bersih tanpa tersisa minyak dikulit kepala maupun di rambut.

4. Hair Salad
– Ambil 1 sendok makan cuka rasa apel. Campurkan ke dalam 1 liter air bersih, aduk hingga merata kemudian gunakan untuk membersihkan rambut ketika hendak mandi. Sari cuka apel dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala. Atau dengan cara lainnya:
– Sediakan gelas berukuran sedang yang sudah diisi dengan 2 sendok makan jus lemon segara dengan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan mayonaise. Aduk hingga rata semua bahan saat rambut dalam keadaan kering belum keramas.
– Biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas dengan bersih rambut dengan menggunakan air hangat.

5. Deep Cleansing Shampoo
– Sediakan 1 kantung teh hijau yang dicampur dengan 1 sendok makan olive oil, ditambah sedikit jus lemon dan setengah jus jeruk. Haluskan kesemua bahan dengan diblender.
– Setelah selesai balurkan campuran bahan tersebut pada rambut sambil dipijat lembut dan biarkan meresap hingga 15 menit.
– Kemudian keramas dan bilas dengan bersih, setelah keramas dan bersih. Gunakan conditioner atau pelembab rambut hingga rata ke seluruh bagian rambut.

6. Hair Reviver
– Haluskan dengan di blender potongan mangga yang ditambah dengan 1 sendok makan yogurt tanpa rasa dan 2 butir kuning telur, blender hingga rata dan kental.
– Kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut hingga rata dan meresap ke dalam bagian dalam kulit kepala.
– Kemudian bungkus kepala dengan hair shower (pembungkus rambut) selama 20 menit
– Setelah itu keramas seperti biasa hingga bersih.

Nutrisi Rambut Rontok

Rambut juga memerlukan dan membutuhkan nutrisi agar rambut tumbuh menjadi rambut yang indah, sehat, berkilau, tebal dan lebat pastinya terhindar atau setidaknya mengurangi resiko dari kerontokan rambut dan masalah rambut lainnya. Tubuh dan rambut merupakan anggota tubuh yang sama-sama memerlukan nutrisi dan keseimbangan gizi yang mudah sekali didapat dari berbagai jenis makanan yang sehat dengan kandungan nilai gizi yang seimbang.

Berikut ini ada beberaapa macam jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai nutrisi penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan bebas dari masalah kerontokan rambut :

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3
Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang mudah didapat dari jenis ikan-ikanan seperti ikan makarel, ikan sarden, ikan salmon, ikan tuna selain itu juga terdapat pada kacang kedelai. semua jenis ikan-ikanan dan kacang kedelai ini diperkaya dengan kandungan lemak essensial atau yang lebih dikenal dengan Omega 3 atau lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menjaga kualitas rambut dan kulit kepala tetap sehat, selain itu baik pula bagi kesehatan tubuh lainnya.

2. Mengkonsumsi telur
Telur merupakan sumber protein yang hakiki selain memproduksi protein telur juga mengandung vitamin B12 dan Biotin yang kesemuanya terkandung didalam telur yang baik bagi rambut. Asam amino yang juga menghasilkan protein untuk pertumbuhan rambut. Kini banyak produsen yang memproduksi shampoo perawatan rambut rontok yang menggunakan telur sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan shampoo yang dijual dengan berbagai macam nama merk.

3. Daging Sapi, tiram dan kacang – kacangan
Dagifng sapi, tiram dan kacang-kacangan merupakan sumber asupan gizi yang mengandung Zinc atau Zat besi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Apabila tubuh kekurangan zinc atau zat besi akan membuat rambut rontok semakin banyak dan parah. Namun apabila tubuh cukup mendapatkan zinc atau zat besi akan mencegah kerontokan rambut dan rambut putih (uban) dalam usia dini. Tiram merupakan sumber zinc yang paling besar diantara daging sapi dan kacang-kacangan.

4. Kacang mete, kacang, susu dan biji-bijian
Jenis kacang-kacangan dan susu mengandung tembaga yang sangat baik untuk menghentikan produksi rambut rontok secara berlebihan. Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan mete diperkaya dengan kandungan protein dan zinc. Selain baik untuk menghentikan rambut rontok dapat pula digunakan sebagai penghilang dari ketombe yang berlebih yang juga merupakan penyebab dari rambut rontok.

5. Sayuran hijau
Sayuran apapun memang memiliki nilai keseimbangan gizi yang cukup baik terutama jenis sayuran hijau yang mengandung zat besi, vitamin A dan vitamin C yang didapat dari jenis sayuran seperti bayam, brokoli, kol dan lobak swiss. Vitamin A dan vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sebum. Sebum yakni zat berminyak yang disekresikan oleh folikel rambut. Sebum berfungsi sebagai pelembab rambut yang alami untuk mengurangi rambut yang bercabang.

Cara Atasi Rambut Rontok

Pastinya takkan ada wanita atau siapa pun yang ingin melihat rambutnya rontok ketika disisir. Bila masalah kerontokan rambut tak segera diatasi maka akan menimbulkan masalah kerontokan rambut yang mengakibatkan rambut akan terlihat botak. Penyebab dari rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti kulit kepala yang kekurangan nutrisi, ketidak seimbangkan hormon, faktor genetik atau keturunan, alergi terhadap pewarna rambut atau perawatan rambut yang mengandung bahan kimia, faktor psikologis, fase penyembuhan dari suatu jenis penyakit yang cukup kronis dll.
Berikut ini ada beberapa cara atasi rambut rontok diantaranya adalah :

1. Jangan terlalu sering dan jarang keramas
Terlalu jarang dan sering berkeramas hanya akan membuat rambut mudah rapuh. Jarang berkeramas membuat rambut kekurangan vitamin dan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan kesehatan rambut dan sering berkeramas membuat rambut terlihat terlalu lemas, tak hanya itu terkadang membuat kepala terasa pening, dan membuat sel-sel dan folikel rambut di kulit kepala menjadi tidak dapat berkembang baik. Gunakan conditioner setelah keramas, namun disarankan hanya menggunakan conditioner rambut saja tidak pada kulit kepala, karena akan membuat akar rambut menjadi rapuh dan kerontokan rambut semakin banyak. Keramas lah minimal 2 hari sekali.

2. Pijatan lembut di kulit kepala dan relaksasi
Ketika hendak mandi dan berkeramas cobalah sambil memijat kulit kepala dengan lembut, dan buatlah kepala anda seperti di relaksasi selama bebrapa menit kira-kira 5-10 menit saja. Cara ini dilakukan guna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh sel-sel folikel rambut agar berjalan optimal dan dapat mencegah dari kerontokan rambut. Selain itu dengan pijatan lembut dapat mengurangi stress dan kepala menjadi lebih rileks.

3. Dengan lidah buaya
Ambil daging buah lidah buaya yang berukuran besar dan belah menjadi 2 bagian kemudian ambil daging lidah buaya kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata, sambil dipijat lembut agar lendir dari daging lidah buaya meresap hingga ke bagian dalam kulit kepala. Diamkan hingga 15 menit, setelah itu bilas rambut sampai bersih dengan shampoo yang biasa digunakan. Lakukan perawatan dengan lidah buaya 2 kali dalam seminggu.

4. Pemberian nutrisi
Tak hanya tubuh yang memerlukan nutrisi rambut pun demikian sama halnya dengan tubuh. Karena rambut juga merupakan bagian tubuh yang juga memerlukan dan membutuhkan nutrisi dan perawatan lainnya agar selalu tampil sehat, dan indah. Macam-macam nutrisi mudah didapat dari berbagai sumber misalnya dari buah-buahan, ikan, vitamin dari sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua, silakan komentar jika banyak kekurangannya, terima kasih smart-thinking-simple

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Rambut Rontok Berketombe Parah Secara Alami Kering Bercabang pada Pria dan Wanita"

Post a Comment